Perumda Tirtawening Kota Bandung Tengah Teliti Penyebab Tanah Amblas di Sadang Serang Bandung

Perumda Tirtawening Kota Bandung Tengah Teliti Penyebab Tanah Amblas di Sadang Serang Bandung

SUARABANDUNG.COM – Perusahaan umum daerah (Perumda) Tirtawening Kota Bandung, tengah memperbaiki pipa air bersih yang mengalami kebocoran pada Kamis 22 Februari 2024.

Perbaikan tersebut, berawal dari adanya laporan terkait tanah amblas yang menyebabkan rusaknya dua rumah warga di Kampung Pasirkaliki Barat, Kelurahan Sadang Serang, Kecamatan Coblong Kota Bandung.

“Perbaikan sedang kita lakukan oleh tim pelayanan wilayah satu. Untuk spesifikasi pipa air bersih yang mengalami kebocoran, yaitu PVC berdiameter 2 inch,” kata Sekertaris Perumda Tirtawening Kota Bandung Sari Kartini, Selasa 27 Februari 2024.

Secara teknis, ia menuturkan bahwa kebocoran pipa terjadi karena ada pergeseran tanah yang menyebabkan pipa terlepas dari sambungannya. Terkait tanah amblas, tengah diteliti pihaknya.

“Belum ada bukti valid bahwa amblasnya tanah akibat gerusan air dari kebocoran. Karena kebocoran terlihat setelah tanah amblas, atau pergeseran tanah yang juga membuat pipa terlepas dari sambungannya. Pihak kompeten sedang meneliti struktur tanah ini,” ucapnya.

Akibat kebocoran dari pipa air bersih di wilayah tersebut, setidaknya sebanyak 10 sambungan layanan terdampak. Namun saat ini, seluruh pipa yang terlepas telah kembali tersambung dan berfungsi.

“Dari laporan awal, kita langsung memberikan bantuan air bersih yang dikirim melalui mobil tangki. Terakhir, kita memberikan bantuan untuk perbaikan utilitas yang terkena dampak dari amblasnya jalan di dalamnya terdapat pipa saluran pelanggan,” ujar dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *