MIND ID tanam ratusan pohon di aliran Sungai Cisadane

Jakarta – Holding BUMN Tambang MIND ID menanam ratusan pohon, melepas ribuan ekor bibit ikan lele, dan membersihkan sampah di Sungai Cisadane, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (17/6), berkolaborasi dengan Jurnalis Indonesia Peduli (JIP) dan komunitas lingkungan Kelompok Tani Ternak (KTT) Nusa Organik.

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Minggu, Kepala Divisi Institusional Relations MIND ID Selly Adriatika mengungkapkan langkah tersebut merupakan komitmen MIND ID untuk terus menjaga keseimbangan alam dan melestarikan lingkungan.

“Kegiatan ini merupakan aksi nyata kami untuk turut serta menjaga kelestarian ekosistem Sungai Cisadane yang memiliki peran vital bagi masyarakat, khususnya di wilayah Jabodetabek,” ujar Selly.

MIND ID secara aktif terus mendorong dan menginisiasi seluruh program yang mendukung penghijauan dan pelestarian lingkungan, lantaran selain berguna untuk menjaga iklim, langkah tersebut turut menjaga keramahan ekosistem hayati sekitar.

Ia mengatakan kolaborasi MIND ID bersama dengan JIP dan KTT Nusa Organik merupakan inisiasi yang baik dan membuktikan pentingnya kerja sama setiap elemen masyarakat, yang melibatkan pemberdayaan komunitas setempat atas kontribusi positifnya selama ini agar lebih optimal dan maksimal.

Komitmen MIND ID ini tidak hanya dilakukan daerah yang membutuhkan perhatian khusus, seperti aliran sungai yang kerap berpotensi sebagai penyebab bencana banjir, namun juga di wilayah operasional penambangan, di antaranya melalui reklamasi lahan bekas tambang menjadi ekowisata, pengolahan limbah hasil penambangan yang ramah lingkungan, dan lainnya.

“Kami sangat mengapresiasi teman-teman dari JIP dan KTT Nusa Organik, karena memang perlu adanya dukungan dari beragam pemangku kepentingan dalam upaya mewujudkan tujuan bersama, yaitu lingkungan tempat tinggal yang ramah, nyaman, serta berkelanjutan,” katanya pula.

Ketua Jurnalis Indonesia Peduli (JIP) Abdul Rosyid menyampaikan aksi peduli lingkungan yang diinisiasi MIND ID tersebut digelar dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2023.

Dirinya sangat mengapresiasi holding BUMN tersebut, sehingga berharap aksi peduli lingkungan yang digelar MIND ID dapat dilakukan secara berkelanjutan dan dapat menginspirasi seluruh pihak untuk turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian sekaligus menekan pencemaran alam.

Salah satunya seperti Sungai Cisadane yang kini ditengarai telah mengalami pencemaran mikroplastik imbas kebocoran limbah pabrik dan limbah rumah tangga. Selain itu, di beberapa titik pinggiran Sungai Cisadane juga rawan longsor karena minim pepohonan.

“Pembersihan sampah dan pelepasan ikan ini diharapkan dapat mengembalikan kesehatan ekosistem di Sungai Cisadane, sedangkan penanaman pohon di sempadan Sungai Cisadane diharapkan menjadi fondasi untuk mencegah longsor,” ungkap pria yang akrab disapa Ocid itu lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *