Sudah Masuk Pengadilan Tipikor, Praperadilan Sutan Gugur

JAKARTA – Sidang praperadilan mantan Ketua Komisi VII Sutan Bhatoegana gugur. Hal itu berdasar putusan Hakim Tunggal Asiadi Sembiring yang dibacakan hari ini (13/4) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Gugurnya praperadilan Sutan lantaran berkas pokok perkara politikus Partai Demokrat itu telah dilimpahkan ke penuntutan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor). “Berdasar Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana pasal 82 ayat 2, permohonan praperadilan gugur,” kata Hakim ASIADI dalam pembacaan putusan.‎ Putusan ini membuat kubu Sutan kecewa. Salah seorang kuasa hukum Sutan, ‎‎Rahmat Harahap ‎mengatakan [engguguran harusnya apabila sudah pada pendakwaan. Ini kan masih penuntutan. “Awalnya, kami berharap putusan ditolak atau diterima, bukan digugurkan seperti ini,” ujarnya usai sidang.

Kecewa dengan putusan hakim, Rahmat berencana akan melaporkan Hakim Asiadi kepada Komisi Yudisial (KY). Dia menganggap putusan itu merupakan interpretasi sendiri, tidak berdasar undang-undang.‎ “Kami akan bicarakan dulu dengan tim,” tambahnya.

Sementara itu, ‎termohon KPK mengaku lega dengan putusan hakim. “Kami berharap agar tersangka lain berfikir kembali apabila hendak mengajukan praperadilan. Secara jelas pasal 77 disebutkan penetapan tersangka bukan kewenangan prapreadilan,” tutur Kuasa Hukum KPK Nur Chusniah. ‎Hari ini (13/4) Pengadilan Tipikor sedang menggelar sidang pembacaan dakwaan ‎terhadap Sutan. Sidang sempat ditunda lantaran menunggu hasil praperadilan tersebut. (jawapos.ccom)


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *