Sesi Pertama, IHSG Tembus 5.400

JAKARTA – Indeks harga saham gabungan (IHSG) bergerak menguat di akhir pekan memantapkan posisi di level psikologis 5.400. Berlawanan arah dengan bursa saham Amerika Serikat (AS) yang masih negatif pada Kamis (19/02).

Pada pembukaan perdagangan pagi ini (20/2), IHSG naik ke level 5.399,43 dibandingkan 5.390,45 pada penutupan Rabu (18/02). Memasuki perdagangan reguler penguatan berlanjut dan sekitar satu jam lepas pembukaan menguat 33,80 poin (0,63 persen) ke level 5.424,25.

Kepala Riset PT Universal Broker Indonesia Satrio Utomo mengatakan sentimen negatif terlihat cenderung membuat indeks Dow Jones Industrial (DJI) bergerak turun. Meskipun demikian, posisi penutupan DJI terakhir di 17.985,77, terlihat masih tipis di atas support pertama di level 17.980. “Koreksi yang terjadi pada indeks DJI dalam dua hari pergerakan terakhir belum memberikan signal negatif,” ucapnya.

Keberadaan dari sentimen negatif tersebut diperkirakan bakal bergerak flat di akhir perdagangan. Meskipun demikian, penurunan BI rate masih memberi sentimen kuat dalam negeri sehingga, masih akan membuat IHSG bergerak naik.

IHSG pada hari ini diperkirakan bakal bergerak flat-naik pada kisaran 5.370 – 5.450. “IHSG saat ini sedang berada dalam trend naik jangka pendek dengan potensi kenaikan menuju kisaran 5.450 – 5.600,” ujarnya.

Karena sentiment utama tetap berasal dari penurunan BI Rate, saham-saham yang terkait dengan suku bunga seperti perbankan, properti, dan otomotif, diperkirakan masih akan terus bergerak menguat. Harga minyak yang masih cenderung kuat diatas support USD 51,20 per barel juga terlihat bakal membuat saham-saham batu bara cenderung bergerak naik.

“Keberhasilan dari saham-saham konstruksi untuk menembus resistancepertamanya pada hari Rabu (18/2), menunjukkan signal saham-saham ini sudah berpeluang untuk rebound dalam jangka pendek. Tinggal saham konsumsi dan retail yang relatif belum bergerak,” ulas Satrio. (Jawapos.com)


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *