Jelang Pilkada Serentak, KPU Gelar Uji Publik Terkait 4 Rancangan PKPU

JAKARTA- Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar uji publik terkait rancangan peraturan KPU (PKPU) guna mempersiapkan pemilihan kepala daerah tingkat gubernur, bupati dan wali kota yang akan digelar serentak pada 9 Desember 2015.

“Kita akan uji empat dari sepuluh PKPU hari ini,”kata komisioner KPU, Juri Ardiantoro di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (18/3/2015).

Dalam rancangan terdapat 10 aturan yang mengatur PKPU. Enam rancangan PKPU ini telah disampaikan kepada lembaga swadaya masyarakat, partai politik, perguruan tinggi dan pihak terkait lainnya pada pekan kemarin. Sementara empat rancangan PKPU lainnya akan diuji publik hari ini.

Adapun empat rancangan PKPU yang akan dibahas yaitu terkait partisipasi masyarakat, norma standar prosedur dan kebutuhan pengadaan dan pendistribusian perlengkapan penyelengaraan pilkada, pemungutan dan penghitungan suara di TPS, serta rekapitulai penghitungan suara pada tingkat gubernur, bupati dan wali kota.

Sebelumnya, KPU telah melakukan uji publik dan mengkonsultasikan enam rancangan PKPU pada penyelenggaran Pilkada dari 10 butir yang diajukan. Adapun enam butir yang disampaikan itu terkait tahapan Pilkada, pencalonan, aturan penyusunan daftar pemilih, kampanye, dana kampanye serta tugas-tugas penyelenggara Pemilu.

Dalam proses uji publik ini dihadiri oleh Hadar Nafis Gumay, Sigit Pamungkas, Arief Budiman, Ida Budhiati dan Juri Ardiantoro. (Tribunnews.com)


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *