Galang Koin Kembalikan Bantuan Australia

JAKARTA – Gelombang protes terhadap pernyataan Perdana Menteri Australia Tony Abbott terus bermunculan. Kali ini, protes dilayangkan dari Koalisi Pro Indonesia. KPI menggelar aksi dengan mengumpulkan koin di depan Hotel Grand Hyatt, Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Minggu (22/2).

Pengumpulan koin tersebut ditujukan untuk mengembalikan bantuan yang telah diberikan pemerintah Australia saat musibah tsunami Aceh 2004 lalu.

Koordinator aksi Andi Sinulingga mengatakan, pernyataan Tony Abbott telah melecehkan rakyat Aceh sekaligus bangsa Indonesia. “Ini protes keras kita kepada pemerintahan Australia,” ujarnya.

Andi mengatakan, aksi tersebut merupakan yang kedua setelah mahasiswa di Aceh melakukan gerakan serupa beberapa hari lalu. Dia akan terus melakukan aksi ke seluruh provinsi hingga dana Rp 1 miliar terkumpul.

KPI juga meminta agar Tony Abbott segera meminta maaf kepada rakyat Aceh dan Indonesia. Selain itu, mereka meminta Presiden Jokowi segera melakukan eksekusi terpidana mati kasus narkoba.

“Segera eksekusi mati, tunjukkan sikap tegas bangsa Indonesia,” serunya.

Seperti diketahui, pemerintah Australia melakukan segala upaya agar Indonesia membatalkan pelaksanaan eksekusi dua warga Australia yang menjadi terpidana mati kasus narkoba. Mereka adalah Andrew Chan dan Myuran Sukumaran yang menjadi bagian kelompok Bali Nine. Dalam salah satu pernyataannya, Abbott mengungkit bantuan yang pernah diberikan pemerintah Negeri Kanguru itu saat Indonesia mengalami bencana tsunami Aceh. Pernyataan tersebut mengundang reaksi negatif dari tanah air dan dinilai telah menyinggung perasaan bangsa Indonesia, khususnya masyarakat Aceh. (Jawapos.com)


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *