Dinas Pendidikan Jamin Tak Ada Kebocoran Soal Lagi

JAKARTA – Pendistribusian naskah ujian nasional (unas) tingkat SMP, MTs, dan paket B mulai dilakukan Dinas Pendidikan DKI Jakarta sejak kemarin (2/5) hingga hari ini (3/5). Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Arie Budhiman menjamin naskah tersebut tidak akan bocor.

Mobil pengangkut naskah ujian digembok dan dikawal polisi, mulai dari percetakan sampai ke tangan siswa di sekolah.

“Naskah unas masih disegel rapat di setiap boksnya,” kata Arie Budhiman saat dihubungi, Minggu (3/5).

Dinas Pendidikan mengklaim persiapan telah dikoordinasikan dengan cermat dan matang. Karena itu, Arie mengatakan pelaksanaan unas SMP sederajat nantinya akan berlangsung lancar. Kebocoran soal seperti saat pelaksanaan unas SMA sederajat diharapkan tidak terulang.

“Mulai pembentukan panitia unas, sosialisasi ke media cetak dan elektronik, uji coba unas tahap I dan tahap II, serta simulasi dan pengamanan distribusi naskah unas,” ungkap Arie. “Persiapan dilakukan dengan memperhatikan hasil evaluasi penyelenggaraan ujian nasional tingkat SMA yang selesai beberapa waktu lalu,” tambahnya.

Tahun ini DKI Jakarta akan menggelar dua jenis ujian, yakni ujian konvensional dan ujian sistem online. Sekolah yang akan melaksanakan ujian sistem online, yaitu SMP Penabur 2 Jakarta Pusat. Selebihnya masih dengan pola ujian tulis.

Seluruh naskah ujian hari ini sudah berada di lima titik distribusi. Masing-masing di SMPN 216 Jakarta Pusat, SMPN 255 Jakarta Timur, SMPN 30 Jakarta Utara, dan SMPN 45 Jakarta Barat, serta Kantor Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta Selatan. Dari lima titik ini, naskah langsung dikirim ke 23 rayon. Meliputi 16 subrayon SMP, tujuh subrayon MTs. Di subrayon, dokumen unas akan dipisah per mata ujian sesuai hari pelaksanaan. Selanjutnya, dilakukan pengamanan dokumen di setiap subrayon dengan pengawasan polisi.

Jumlah total peserta unas SMP sederajat, yakni 149.172 peserta. Terdiri atas siswa SMP sebanyak 123.878 peserta, MTs sebanyak 20.224 peserta, SMP Luar Biasa 73 peserta, dan paket B sebanyak 4.997 peserta.

Jadwal unas per mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia pada 4 Mei, Matematika pada 5 Mei, Bahasa Inggris pada 6 Mei, dan Ilmu Pengetahuan Alam pada 7 Mei. (Jawapos.com)


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *