Batalkan Pelantikan BG, Jokowi Dinilai Lecehkan DPR

JAKARTA – Pembatalan pelantikan BG sebagai Kapolri menjadi catatan tersendiri bagi DPR. Hal tersebut diungkapkan anggota komisi III DPR dari Fraksi Parrtai Golkar Bambang Soesatyo dalam sebuah diskusi di Jakarta, Sabtu (21/2).

Menurut Bambang, keputusan presiden tersebut bukan sebuah solusi untuk menyelesaikan masalah. “Justru ini akan melebar kepada masalah konstitusi,” kata Bambang. Sebab, kata dia, keputusan presiden membatalkan pelantikan BG melanggar Undang-undang Kepolisian.

Selain itu, lanjut dia, DPR mempertanyakan surat keputusan yang dilayangkan presiden. Dia mengatakan bahwa alasan yang dicantumkan dalam surat soal pembatalan pelantikan tersebut tidak jelas. “Pengajuan pemberhentian dan pengangkatan kapolri harus dgn alasan yg jelas,” tegasnya.

Dia menyebutkan, dalam surat Keppres yang ditujukan kepada DPR, Rabu (18/2) lalu, hanya mencantumkan soal status BG sebagai tersangka yang menimbulkan pro dan kontra. Selain itu, presiden menunjuk nama baru calon Kapolri sebagai sosok definitif dan bersih.

Bambang mengatakan, potensi pelanggaran yang dilakukan presiden sangat jelas. Sebab, status BG sudah bukan tersangka usai putusan praperadilan minggu lalu. DPR juga sudah menyetujui pencalonan BG sebagai Kapolri yang sebelumnya diajukan oleh presiden.

Di sisi lain, DPR juga kecewa atas keputusan presiden yang langsung melantik tiga orang Plt pimpinan KPK, Jumat (20/2) kemarin. Menurut Bambang, pelantikan Plt pimpinan KPK seharusnya dilakukan setelah DPR menyetujui Perppu yang diajukan presiden. “Perppu belum keluar, belum diterima DPR, tapi sudah dilantik,” tuturnya.

Tentang pencalonan Komjen Pol Badrodin Haiti sebagai Kapolri, politikus partai Golkar itu belum bisa banyak bicara. Apakah DPR akan meloloskan Badrodin atau tidak. “Itu semua tergantung perkembangan politik dua-tiga minggu ke depan. DPR punya waktu 20 hari kerja untuk menjawab keputusan presiden,” tandasnya. (Jawapos.com)


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *