Antisipasi Kecurangan, Ahok Siapkan Password E-Budgeting

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta mengantisipasi terjadinya permainan dalam penyusunan APBD. Selain menerapkan e-budgeting, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama juga melengkapinya dengan password untuk mengaksesnya.

“Kami sudah undang Pak Prasetio (Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi, Red) untuk hadir dan lihat proses input-e-budgeting. Nanti kami akan kasihpassword supaya lihat anggaran,” kata pejabat yang akrab disapa Ahok di balai kota, Kamis (19/3).

Rapat input e-budgeting perbaikan APBD 2015 DKI Jakarta diikuti jajaran pemprov dan DPRD. SKPD dari TAPD bertugas melakukan proses input ke dalam e-budgeting. Sedangkan Banggar DPRD melakukan pengawasan jenis kegiatan dan dana yang dimasukkan SKPD. Karena e-budgetingmengharuskan log in, DPRD akan diberikan password juga untuk mengaksesnya.

Dengan akses tersebut, diharapkan pengawasan dari DPRD bisa maksimal. Sebab, nantinya bisa dilihat staf-staf yang bermain dalam anggaran. E-budgeting dirancang agar bisa membaca siapa saja yang mengubah item-item dan nilai masing-masing anggaran.

Oleh sebab itu Ahok mengundang ketua DPRD agar terjadinya transparansi dalam APBD. “Saya mengundang DPRD untuk datang. Orang yang pro perubahan silakan hadir supaya nggak ada fitnah di antara kita,” ucap suami Veronica Tan tersebut. (Jawapos.com)


Posted

in

by

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *