Punclut Tempatnya Wisata Kuliner di Bandung

Punclut terletak di sebelah utara Kota Bandung. Punclut merupakan singkatan dari kalimat Puncak Ciumbuleuit. Daerah ini berjarak sekitar 7 kilo meter dari pusat Bandung. Jika datang saat akhir pekan atau saat musim liburan, Kamu akan melihat lalu-lalang orang untuk berwisata. Tempat ini memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Destinasi wisata yang berada di Punclut ini biasanya mengusung konsep wisata alam. Hal tersebut dipengaruhi oleh kondisi geografis dari kawasan tersebut.

Kawasan Punclut ini memiliki luas sekitar 286 hektare, sungguh luas bukan? Mungkin karena memiliki lahan luas maka tempat tersebut dikembangkan menjadi tempat wisata yang dapat menghasilkan income bagi masyarakat sekitar. Suhu di lokasi ini cukup hangat yakni 15 sampai 22 derajat celcius, tidak sedingin Lembang dan tidak sepanas pusat Kota Bandung. Suhu udara tersebut akan sangat nyaman untuk bermain dan menghabiskan waktu di sana.

Suguhan pemandangan di sana tak biasa. Salah satunya yakni kondisi Kota Bandung. Kamu dapat melihat penampakan geografis Kota Bandung yang berbentuk cekunga dari kawasan ini. Tidak hanya itu, Kamu juga dapat melihat beberapa gunung di Bandung seperti pegunungan Patuha, Malabar, dan pegunungan waringin. Saat cuaca cerah, Kamu juga dapat melihat beberapa landmark Kota Bandung yang sangat ikonik seperti Masjid Raya Jawa Barat dan juga Jembatan Pasupati. Secara tidak langsung, ketika di kawasan Punclut, Kamu dapat melihat Kota Bandung dan seisinya dari kejauhan. Sungguh sangat menarik bukan? Menuju kawasan ini tidaklah sulit. Lokasinya yang dekat dengan pusat kota membuat akses menuju ke sana juga mudah. Jika dari arah pusat kota, Kamu dapat mengambil arah ke Bandung Utara tepatnya menuju daerah Ciumbuleuit dan turun di daerah sekitar Rumah Sakit Salamun kemudian jalan sedikit menuju jalan Bukit Raya.

Kawasan Punclut ini juga bisa kamu akses menggunakan beberapa jalur alternatif, salah satunya yaitu rute menuju Lembang. Hal yang perlu diperhatikan saat memutuskan ke tempat tersebut menggunakan jalur alternatif adalah kondisi jalan yang sempit serta menanjak, sehingga harus ekstra berhati-hati, terlebih saat musim hujan. Di jalur alternatif tersebut biasanya banyak warga setempat yang stay untuk membantu para wisatawan yang kesulitan saat melewati jalur tersebut.

Wisata Kuliner di Dago Bakery Punclut

Sama halnya dengan Lembang, tempat ini juga menjadi sentra dari tempat wisata. Di kawasan ini juga banyak tempat wisata unik yang mengusung konsep berbeda dengan tempat wisata lainnya. Salah satu tempat wisata tersebut adalah Dago Bakery Punclut. Dago Bakery atau ada pula yang menyebutnya sebagai Punclut Dago  ini sebenarnya sebuah restaurant. Ketika datang ke tempat ini tentu saja yang dituju makanannya. Berbeda dengan tempat makan lainnya, Dago Bakery memiliki desain yang sangat unik. Desain restaurannya tak biasa, yakni dengan mengangkat konsep dan nuansa Eropa.

Gaya bangunan dan desain interior yang ada di Dago Bakery Punclut ini memang berkiblat pada arsitektur Eropa. Siapa saja yang datang kemungkinan merasa kagum dan tak mau kehilangan momen untuk mengabadikan melalui jepretan kamera. Tak heran, jika akhirnya mereka yang datang ke tempat ini tidak cukup untuk menikmati menu makanan, juga menghabiskan waktu untuk berfoto di beberapa spot foto di rumah makan tersebut.

Dago Bakery ini berlokasi di Jalan Pagermaneuh Nomor 57, Pagerwangi. Lokasi ini cukup strategis membuat pengunjung yang hendak singgah tidak kesulitan untuk menemukannya. Tempat makan ini buka dari pagi sekitar pukul 09.00 sampai malam sekitar pukul 22.00. Jam operasional dapat berubah kapan saja, seperti di era pandemi saat ini, mengikuti kebijakan pemerintah setempat.

Menu Dago Makanan Punclut Dago

Tempat ini menyajikan banyak makanan enak yang dapat kamu nikmati saat datang ke kawasan Punclut. Beberapa menu yang tersedia sangat beragam mulai dari makanan khas Sunda nasi bakar, siomay, dan beberapa makanan trasidional dan makanan khas Indonesia lainnya sampai makanan ala westren seperti spaghetti, salad, dan beberapa maknan lezat lainnya juga ada di tempat ini. Harga makanannnya sangatlah beragam. Makanan Indonesia atau makanan khas Sunda biasanya dibandrol dengan Rp 27.000 samai 55.00 per porsi. Makanan ala westren harganya Rp 27.000 sampai 37.000 per porsi. Sedangkan untuk makanan ringan seperti batagor, prench fries, dan beberapa makanan ringan lainnya dibandrol Rp 20.000 sampai 25.000. Makanan-makanan tersebut dijamin enak dan membuat kamu ketagihan untuk mencobanya lagi di lain waktu.

Wisata Lain di Kawasan Punclut Bukan hanya Dago Bakery Punclut saja yang ada di kawasan Puncak Ciumbuleuit ini, beberapa tempat wisata menarik lainnya juga dapat kamu kunjungi saat berada di kawasan Punclut ini. berikut adalah daftar tempat wisata di Punclut yang dapat kamu datangi:

1. Angkringan De BlankOn

Sama halnya dengan Dago Bakery Punclut, tempat ini merupakan salah satu destinasi wisata kuliner berikutnya di kawasan Puncak Ciumbuleuit. Yang menjadi beda adalah konsep yang coba dihadirkan. Jika Dago Punclut mengadopsi konsep Eropa, maka Angkringan De BlankOn ini mengusung konsep seperti angkringan di Yogyakarta. Makanan yang disajikan di tempat ini cenderung ringan khas makananan di angkringan, seperti nasi kucing, sate telur puyuh, sate usus, dan makanan ala angkringan Jogja lainnya. Makanan lezat ini dapat kamu nikmati sembari menikmati pemandangan Kota Bandung yang sangat menawan. Karena di kelilingi oleh pepohonan rindang, suasana di angrkringan ini sangat sejuk dan tenang. Tempat ini juga cocok untuk kamu jadikan sebagai tempat nongkrong bersama dengan teman-teman.

2. D’Dieuland

D’Dieuland menjadi destinasi wisata berikutnya yang ada di kawasan Punclut. Tempat ini mengusung  konsep tempat bermain dangan skywalk yang dicat menggunakan warna yang unik. Di tempat ini juga kamu dapat makan dan bersanti serta bermain di playground yang sangat besar. Banyak permainan unik yang dapat Kamu coba seperti trampolin, ayunan, dan permainan lainnya yang saat ini jarang ditemui. Kamu juga bisa outbound dan mencoba beberapa wahana bermain luar ruangan lainnya seperti flying fox. Kawasan ini cocok untuk segala usia, sehingga kamu bisa datang kesini mengajak anak-anak kamu untuk bermain dan bersantai bersama.

3. Restoran Cakrawala Nature Sparkling

Makan di restoran terkadang cukup membosankan. Biasanya kamu akan datang ke tempat makan tersebut, kemudian menghabiskan makanan yang kamu pesan dan pulang kembali ke rumah. Namun apa jadinya jika kamu kini bisa menikmati makanan di bawah bintang? Tentu menjadi pengalaman tersendiri yang tak terlupakan. Kamu dapat merasakan sensasi makanan yang berbeda jika datang ke tempat makan Cakrawala Nature Sparkling. Di tempat ini, bukan hanya makanan lezat yang dapat kamu nikmati namun pemandangan tak terbiasa juga aka kamu dapatkan. Jika kamu datang makan di tempat ini kamu akan merasakan makan di bawah bintang-bintang. Hal tersebut dikarenakan konsep ruangan yang ada di tempat makan ini adalah galaxy, sehingga mereka mendesain atap dari tempat makan ini dengan berbagai penampilan bintang yang terus berganti. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapati stained glass yang tak biasa karena memiliki warna-warni yang sangat cantik yang membuat pengalaman kamu berkunjung ke restoran semakin berkesan.

4. Tafso Barn

Salah satu tempat wisata di Punclut ini sangat cocok untuk kamu yang suka dengan suasana alam bebas yang dingin namun menantang. Tafso Barn ini mengusung konsep mini golf yang dibuat dengan tujuan sebagai tempat refreshing. Ciri khas dari tempat ini adalah tenda-tenda unik yang berbentuk mirip degan sarang burung dan meja cantik yang menyerupai pesta kebun. Dilengkapi dengan hamparan padang rumput luas, membuat susanaa alam bebas di tempat ini semakin kental. Kamu pasti akan betah ketika datang ke tempat wisata yang satu ini.

5. Lereng Anteng Panoramic Coffee Place

Aktivitas ngopi memang selalu menarik. Duduk santai menikmati secangkir kopi pahit yang hangat di temani obrolan santai bersama teman atau kolega memang menjadi kebiasaan baru masyarakat kita saat ini. Jika kamu coffee holic dan merasa bosan dengan suasana ngopi yang itu itu saja, mungkin Kamu dapat berkunjung ke Cakrawala Nature Sparkling yang berada di kawasan punclut. Di tempat ini Kamu dapat merasakan sensasi ngopi yang berbeda dari tempat lain, ditemani pemandangan hijau yang sangat menyejukan mata. Sangat cocok bila ingin sejenak menghilangkan penat.

Sumber : katadata.co.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: