Salat Jumat Perdana, Masjid Agung Kota Cimahi Dipenuhi Jamaah

Pelaksanaan salat Jumat perdana digelar setelah ditutupnya selama pandemi Covid-19, Masjid Agung Kota Cimahi di Jalan Amir Mahmud dipenuhi jamaah, pada Jumat (19 Juni 2020) dini hari tadi. Aturan protokol kesehatan pun dilaksanakan dengan ketat.

Menurut pantauan, para jemaah yang hendak masuk ke masjid langsung diperiksa suhu tubuhnya dengan menggunakan thermogun. Sejumlah anggota Satpol PP dan polisi berjaga di gerbang masuk menuju masjid. Tidak sedikit jamaah yang tidak menggunakan masker dan tidak membawa sejadah sendiri. Sehingga petugas memberikan masker bagi yang tidak menggunakannya. Sedangkan yang tak membawa sejadah, ada yang menggunakan jaket untuk alas.

“Alhamdulillah kami bisa kembali menyelenggarakan salat jumat, dan tentunya kami mengacu pada surat edaran wali kota dan juga surat edaran MUI. Sehingga kita dalam melaksnakan hal ini (Jumatan) tetap sesuai dengan protokol kesehatan dari mulai masuk dicek suhu tubuhnya, lalu diarahkan sesuai dengan shaf yang sudah kita atur, termasuk membawa sejadah masing-masing,” ungkap Ketua DKM Masjid Agung Cimahi, Dadan Darmawan.

Pihaknya juga telah membatasai shaf guna mencegah penyebaran Covid-19. Apabila kapasitas masjid terpenuhi sesuai aturan, maka jemaah bisa melaksanakan salat di alun-alun yang ada disebelah Masjid Agung Kota Cimahi.

“Kita batasi di shaft, manakala tidak cukup bisa melebar ke alun-alun, dan jalan atau parkiran samping alun-alun. Untuk hari ini tidak sampai keluar masjid, karena kami memang tidak sosialisasikan secara terbuka juga, alami saja, menjaga membludaknya jamaah. Yang kita antisipasi untuk minggu depan, karena jamaah sudah pada tahu,” jelas Dadan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: