Puluhan Ribu Pekerja di Jabar Terancam di PHK Akibat Covid-19

Sebanyak 1.476 perusahaan di Jawa Barat turut mengalami dampak akibat wabah Covid-19. Akibatnya, perusahaan terdampak Covid-19 melakukan pengurangan tenaga kerjanya.

Dari perusahaan terdampak wabah Covid-19 ini, sebanyak 53.465 orang terpaksa dirumahkan atau di-PHK (pemutusan hubungan kerja) oleh perusahaannya, pasalnya terganggunya proses industri akibat wabah tersebut.

Dari jumlah perusahaan yang terdampak wabah Covid-19 ini, sebanyak 314 perusahaan telah merumahkan 26.330 pekerjanya. Sementara perusahaan yang terpaksa melakukan PHK sebanyak 331 perusahaan dengan jumlah pekerja sebanyak 7.583 orang di-PHK. Data ini telah dihimpun per 10 April 2020 yang lalu.

Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat, Abdul Hadi Wijaya pun mendesak Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk lebih proaktif dalam menginformasikan serta mengadvokasi warga Jawa Barat yang terimbas PHK atau dirumahkan tersebut. Hal tersebut tentu saja perlu dilakukan agar mereka bisa mendaftar serta mendapat fasilitas guna masuk ke dalam program Prakerja yang digulirkan Presiden RI, Joko Widodo.

Menurutnya, upaya konkret pemerintah dalam mengadvokasi pekerja yang terimbas Covid-19 ini perlu dimatangkan agar tak menambah warga miskin baru. Terlebih Jawa Barat, Ia menambahkan, salah satu provinsi industri di Indonesia. Sebagian besar, perusahaan yang paling merasakan wabah Covid-19 ini berada di industri padat karya.

Tak hanya dengan mendesak pemerintah untuk lebih proaktif dalam mengadvokasi pekerja yang terimbas wabah ini. Ia juga mengingatkan kepada pemimpin perusahaan yang terpaksa melakukan skema pengurangan tenaga kerja, agar lebih proaktif menginformasikan jumlah pekerja yang di-PHK tersebut ke dinas ketenagakerjaan di daerahnya masing-masing.

Dengan begitu, pemerintah dapat dengan cepat memperoleh data pekerja yang di-PHK. Sehingga akan segera menerapkan arah kebijakan dalam mengatasi permasalahan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: