Pemkab Bandung Gerakan PKK Sebagai Barisan Terdepan Penanganan Covid-19

Kader PKK digerakan sebagai barisan terdepan dalam pendataan kondisi kesehatan dan kesejahteraan masyarakat di tengah pandemi covid-19 di Kabupaten Bandung. Mereka akan diperankan dalam menyisir dan memastikan ketersediaan alat pelindung diri (APD) di Puskesmas setempat.

Hal ini diungkapkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bandung Kurnia Agustina kepada media, pada Minggu 12 April 2020.

“Hal itu merupakan hasil rapat via teleconference antara Ketua TP PKK se-Jawa Barat Jumat lalu,” ucapnya.

Dalam rapat tersebut menghasilkan beberapa poin penting terkait peran dan fungsi PKK di tengah merebaknya covid-19 di Jabar, khususnya di Kabupaten Bandung.

Untuk membantu pemerintah dalam mengatasi pandemi covid-19, pihaknya pun mengajak kader PKK untuk menjalankan tugas dan fungsi PKK seperti penyuluhan dan sosialisasi terkait bahaya covid-19, mulai dari tingkat kecamatan, desa, RW, RT hingga dasawisma.

“Karena PKK juga merupakan barisan terdepan yang dekat dengan masyarakat. Jadi kami juga akan melakukan pendataan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat, serta menyisir ketersediaan APD (Alat Pelindung Diri) di puskesmas setempat. Kami berharap, apa yang para kader lakukan ini dapat membantu pemerintah daerah dalam menjalankan programnya,” ujar perempuan yang akrab disapa Teh Nia.

Tak hanya melaksanakan penyuluhan dan pendataan, kata Teh Nia, pihaknya memiliki tugas pergerakan dalam melawan pamdemi covid-19. Termasuk menggalang berbagai pihak untuk ikut bahu-membahu membantu masyarakat yang terdampak Covid19.

“Alhamdulillah, di beberapa wilayah kami melihat keterpaduan tugas serta respon cepat dari kewilayahan dalam menghadapi isu ini. Tak hanya itu, kami juga melihat bagaimana perusahaan–perusahaan yang berada di Kabupaten Bandung dengan Sabilulungan, saling bahu membahu untuk memenuhi perlengkapan yang dibutuhkan pemerintah daerah, seperti APD, masker dan sembako,” terang Teh Nia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: