4 Manfaat Sehat Tahitian Noni

Noni merupakan nama lain dari buah mengkudu (Morinda citrifolia). Tahitian noni yaitu buah mengkudu yang berasal dari Tahiti, Polinesia Perancis. Sama seperti buah mengkudu lainnya, buah ini dipercaya memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Berikut beberapa manfaat Tahitian noni yang telah dibuktikan secara ilmiah:

Menurunkan Radikal Bebas dari Asap Tembakau

Asap tembakau atau asap rokok merupakan salah satu sumber radikal bebas.

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam Tahitian noni dapat menangkal radikal bebas, terutama yang berasal dari asap tembakau. Perlu diketahui bahwa asap tembakau dapat menghasilkan radikal bebas yang berbahaya dan dikaitkan dengan berbagai penyakit termasuk diabetes, jantung, dan kanker.

Sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi 118 ml jus buah mengkudu selama 1 bulan dapat menurunkan sekitar 30% dari dua radikal bebas yang umum.

Dengan konsumsi jus noni dalam jumlah yang sama juga dapat membantu menurunkan kadar bahan kimia penyebab kanker pada perokok tembakau sebesar 45%.

Menjaga Kesehatan Jantung

Tahitian noni memiliki potensi dalam menjaga kesehatan jantung dengan menurunkan kadar kolesterol, namun hal ini baru terbukti pada penelitian yang dilakukan pada perokok.

Menurut salah satu penelitian pada perokok berat menunjukkan konsumsi 188 ml jus noni selama 1 bulan dapat menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan protein C-reactive darah penanda inflamasi.

Sedangkan, penelitian lain menemukan dengan konsumsi 59 ml jus noni dua kali sehari selama 30 hari pada orang yang tidak merokok tidak menunjukkan penurunan kadar kolesterol yang signifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa Tahitian noni mungkin dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi yang terkait dengan merokok tembakau.

Baik untuk Pencernaan

Tahitian noni dipercaya sangat baik untuk sistem pencernaan.

Dengab konsumsi jus noni dapat membantu melancarkan buang air besar bagi Anda yang memiliki pencernaan yang lambat. Jus buah ini dapat memberikan efek stimulasi pada otot-otot di usus sehingga pencernaan menjadi lebih lancar.

Meningkatkan Sistem Imun

Jus Tahitian noni mengandung vitamin C yang cukup tinggi.

Hal inilah yang membuat jus noni dapat membantu menjaga sistem imun tubuh. Vitamin C dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dan mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas karena vitamin C merupakan antioksidan.

Ditambah dengan berbagai kandungan antioksidan lainnya, tak heran jika jus buah ini diklaim baik untuk sistem imun tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: