Jawa Barat Dapatkan Predikat A untuk SAKIP

Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendapatkan predikat “A” untuk laporan hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) 2019.

Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum, didelegasikan menghadiri Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota Wilayah I (Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka belitung, Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, Banten dan Jawa Barat) di Radisson Golf & Convention Center Batam.

Penyerahan nilai Akip bersamaan dengan 184 pemerintah daerah lainnya.

Diantaranya, 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat. Dengan demikian total 185 daerah yang menerima rapor tersebut.

Berdasarkan rilis dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB), dari 27 kota kabupaten di Jabar tidak ada yang meraih predikat A, terdapat enam wilayah yang mendapat predikat BB, yang lainnya mendapatkan nilai B.

Keenam wilayah yang mendapatkan predikat BB yaitu Kota dan Kabupaten Bandung, Garut, Kota Bogor, Kota Tasikmlaya, dan Kota Sukabumi.

Penyerahan hasil evaluasi SAKIP diserahkan oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo terhadap pemerintah kabupaten/kota wilayah I, yang meliputi wilayah Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Bengkulu, Jambi, Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Kepulauan Riau, Sumatra Selatan, Banten, dan Jawa Barat.

Penerapan SAKIP ini adalah langkah konkret yang dilakukan pemerintah untuk mewujudkan reformasi birokrasi, melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien.

Setiap tahunnya, Kementerian PANRB melaksanakan evaluasi atas implementasi SAKIP pada seluruh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk mengukur perkembangan implementasi SAKIP serta melakukan pembinaan yang berkesinambungan di seluruh instansi pemerintah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: