Perbub Pola Tanam Bisa Meminimalisir Ancaman Banjir dan Longsor

Camat Kertasari, Dadang Hermawan mengapresiasi dan mendukung adanya program Bupati Bandung yang akan mengeluarkan Peraturan Bupati (Perbup) tentang Pola Tanam di Kabupaten Bandung.

Menurutnya, dibuatkannya perbup sebagai solusi yang baik untuk meminimalisir ancaman banjir dan longsor di Kabupaten Bandung, khususnya di Kecamatan Kertasari. Mengingat sebelumnya, di Kecamatan Kertasari sempat terjadi banjir bandang yang disebabkan pola tanam yang salah di kawasan tersebut.

Ia berharap, dengan adanya Perbup ini, puncak gunung bisa ditanami tanaman keras, termasuk bagian lereng. “Saat ini, puncak gunung tak ada tanaman keras. Tetapi di dataran rendah masih ada tanaman keras,” katanya.

Dadang mengatakan, sebelumnya pengelolaan lahan pertanian sayur mayur di Kertasari dengan cara terasering. Namun pola tersebut hanya berlangsung beberapa bulan saja.

“Padahal dengan pola taman terasering juga, tidak akan merubah produksi sayuran,” ucapnya.

Ia juga berharap, adanya Perbup, dibarengi dengan penegakan hukum dengan cara melakukan langkah-langkah persuasif, tidak dengan cara represif.

Ia menambahkan, yang akan melakukan penegakan hukum terkait Perbup pola tanam itu yaitu Satuan Polisi Pamong Praja bersinergi dengan jajaran muspika setempat

“Sanksi penegakan hukum pelaksanaan Perbup itu bisa mengarah pada pidana,” terangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: