BPBD Akan Bangun Jembatan Darurat di Danau Lumpur Cilangari Bandung Barat

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB) berencana akan membangun jembatan bambu sepanjang 70 meter bagi warga Kampung Hegarmanah, Desa Cilangari, Kecamatan Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Jembatan tersebut dibangun pasalnya aktivitas warga yang kerap terganggu oleh endapan lumpur yang masih menutupi akses jalan pascalongsor yang terjadi pada Jumat (6/12/2019).

Duddy mengungkapkan warga yang terhalang aksesnya di kampung Hegarmanah berjumlah 23 keluarga atau 60 jiwa. Di kampung itu juga terdapat 1 PAUD dan 1 masjid jami’.

“Masjid itu digunakan oleh warga Lembur Awi untuk beribadah, terutama salat Jumat. Anak sekolah juga harus melewati pematang sawah atau rakit kalau mau berangkat sekolah,” ucapnya.

“Dengan dibangunnya jembatan, aktivitas pendidikan, keagamaan, dan ekonomi warga diharapkan bisa berjalan kembali,” ungkap Duddy.

Ia pun mengimbau agar warga tak melakukan aktivitas pertanian lahan basah di lahan dengan kemiringan tajam. Sebab, hal itu juga kerap menjadi penyebab longsor.

“Kami imbau masyarakat tidak melakukan aktivitas pertanian lahan basah di lereng. Kalau bisa, di lereng seperti itu pertanian lahan kering saja,” ujarnya.

Perrsonel gabungan dari TNI-Polri dan warga sekitar turut melakukan gotong royong untuk melancarkan saluran air yang tersumbat material longsor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: