Tradisi 1 Muharam di Bandung, Ada Semburan Api

Ribuan warga Desa Tegalluar, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, menggelar pawai obor memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriah atau 1 Muharam. Sekitar 14 rombongan warga setempat dari RW 1 hingga RW 14 ikut pawai menuju Lapangan Desa Tegalluar, Sabtu (31/8/2019) malam.

Setibanya di lapangan, sejumlah bocah terlihat menyeburkan minyak tanah ke obor yang menyala sehingga mengeluarkan kobaran api dari mulutnya. Aksi tersebut digelar di area samping panggung acara tersebut menyita warga lainnya. Para bocah tersebut sudah terlatih melakukan atraksi ini.

“Sudah bisa, ini gampang kok tinggal minyak tanah dimasukkan ke mulut, tapi enggak ditelan. Terus arahkan ke obor yang menyala, hembusan api akan keluar saat minyak tersebut disemburkan,” ucap Ilham (16) dilansir detikcom.

Dalam aksi menyemburkan api, mereka diawasi orang dewasa. Anak-anak tersebut tahu tata cara pertunjukan tersebut sehingga kegiatannya berlangsung aman.

Menurutnya, atraksi tradisi setiap memperingati Tahun Baru Islam. “Kalau 1 Muharam saja. Banyak kok yang bisa atraksi seperti ini, sudah turun temurun,” ujar Ilham.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: