Benarkah Kacang Polong Bisa Membuat Asam Urat Kambuh?

Pakar kesehatan mengatakan bahwa kacang-kacangan sebagai salah satu camilan yang direkomendasikan bagi penderita asam urat. Hal tersebut disebabkan oleh sebagian besar jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan purin rendah, tepatnya sekitar kurang dari 50 miligram untuk setiap 100 gram camilan ini.

Hanya khusus untuk kacang polong, kadar kalorinya lebih tinggi dari 50 miligram untuk setiap 100 gram. Itu artinya, kacang polong termasuk dalam makanan dengan kadar purin yang sedang.

Bagi sebagian penderita asam urat, makanan dengan kadar purin yang sedang ada baiknua dihindari atau setidaknya dikurangi untuk mengonsumsinya. Karena disebabkan oleh adanya kemungkinan peningkatan kadar zat asam urat di dalam tubuh setelah mengonsumsinya. Jika hal ini sampai terjadi, dikhawatirkan serangan asam urat akan muncul.

Jika dokter masih memperbolehkan kita untuk mengonsumsi kacang polong, sebaiknya membatasinya sekitar 1 atau 2 cangkir saja setiap hari. Tak hanya itu, pastikan bahwa kacang polong tersebut yang berjenis kering.

Untuk mencegah konsumsi kacang polong berlebihan, pastikan tidak mengonsumsinya sambil menonton televisi atau mengobrol dengan orang lain karena akan membuat kita tak bisa mengontrol seberapa banyak porsi camilan yang sudah dikonsumsi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: