Pemprov Jabar Desak Percepatan Tol Cisumdawu

Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mendorong agar penyelesaian pembebasan lahan di Tol Cisumdawu berlangsung dengan cepat. Hal teresbut karena untuk mempercepat akses menuju Bandara Internasional Kertajati bisa dioperasikan pada tahun 2020 mendatang.

Sekretaris Daerah Jabar Iwa Karniwa mengakui Kementerian PUPR, Kementerian BUMN dan BPJT meminta Pemprov membantu akselerasi pembangunan Tol Cisumdawu terutama di seksi I Cileunyi-Rancakalong dan Seksi II Rancakalong-Sumedang. Gubernur pun memberikan arahan serupa. “Kuncinya untuk dua seksi ini ada di konsinyasi lahan,” ungkapnya, di Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu, 10 Juli 2019.

Menurut laporan satker tol Cisumdawu, saat ini untuk seksi I yang sudah mencapai 68 persen sejumlah lahan yang dibebaskan tinggal menunggu pemberkasan. Sementara seksi II yang sudah menuntaskan pembesasan seluas 92 persen sisanya tinggal menunggu hasil konsinyiasi. Dari 51 lahan yang dikonsinyasi tinggal 34 lahan yang belum bersedia. Sisanya, 17 lahan sudah bersedia dilakukan pembayaran dan segera pembebasan lahan.

Tak hanya itu, pihaknya akan mendorong proses pengajuan konsesi lahan Perhutani yang diajukan oleh Badan Usaha Jalan Tol Cisumdawu PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) untuk seksi VI Ujungjaya-Dawuan izinnya bisa berlangsung cepat. Jumlah lahan Perhutani yang akan terkena jalan tol tersebut seluas 160 hektar . “Ini sedang dalam proses. Kita bantu proses administrasi termasuk pergantiannya,” ujarnya.

Iwa menyampaikan, dengan langkah-langkah tersebut diharapkan seksi I, seksi II dan juga seksi III Cileunyi bisa dioperasikan akhir 2019 atau awal 2020 mendatang.

Bagus menambahkan, untuk mempercepat seksi VI pihaknya meminta bantuan dari Pemprov Jawa Barat guna memfasilitasi penggunaan lahan milik Perhutani yang mencapai 58 persen kebutuhan lahan supaya bisa melakukan konstruksi. Menurut dia, surat pengajuan konsesi pemakaian lahan ini sudah diserahkan pada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: